Kuliah

Model Pembelajaran CITA (Ciptakan Inovasi Tanggap Aktif) by. Eva Dian N



BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Sampai saat ini, pendidikan di Indonesia masih didominasi oleh kelas yang berfokus pada guru sebagai sumber utama siswa dalam memperoleh pengetahuan, sehingga metode ceramah akan menjadi pilihan utama dalam menentukan strategi belajar. Akibatnya guru sering mengabaikan kemampuan siswa. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang memberdayakan siswa walaupun sudah banyak model pembelajaran yang lahir untuk diterapkan, tetapi model pembelajaran CITA ini merupakan model pembelajaran yang baru, yang memfokuskan pada siswa.

Model pembelajaran CITA adalah model pembelajaran yang tercipta dari beberapa kata yaitu ciptakan inovasi tanggap aktif yang masuk pada pendekatan student center yang dapat menggunakan berbagai macam strategi, metode dan teknik pembelajaran. Model pembelajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan dan kemampuan siswa dalam belajar dapat mempermudah pemahaman belajar. Maka dengan model pembelajaran ini, hasil pembelajaran lebih bermakna. Sehingga pengetahuan dan keterampilan siswa diperoleh dari usaha siswa sendiri ketika ia belajar.

Dalam makalah ini kami memaparkan pengertian apa yang dimaksud model pembelajaran CITA (Ciptakan Inovasi Tanggap Aktif), langkah-langkahnya dan karakteristiknya. Dengan makalah ini diharapkan bisa membantu dalam menjelaskan model pembelajaran CITA, dan agar dapat diterapkan dalam proses pembelajaran

B.     Rumusan MasalahApa yang dimaksud model pembelajaran CITA?

1.  Bagaimana Langkah model pembelajaran CITA?

2.  Bagaimana karakteristik model pembelajaran CITA?

C.    Tujuan Penulisan

Dalam penyusunan makalah ini bertujuan agar para pembaca mengetahui dan memahami apa yang dimaksud dengan model pembelajaran CITA (ciptakan inovasi tanggap aktif), mengetahui dan memahami tentang karakteristik dan langkah-langkah model pembelajarn CITA. Serta tujuan lain memaparkan model pembelajaran yang baru ini agar dapat diterapkan dalam proses pembelajaran oleh para pendidik.   

 BAB II 

PEMBAHASAN

A.    Pengertian Model Pembelajaran CITA(Ciptakan Inovasi Tanggap Aktif )

Model Pembelajaran CITA atau model pembelajaran ciptakan inovasi tanggap aktif merupakan model pembelajaran yang bersumber dari model pembelajaran ASSURE, tetapi dimodel ini lebih pada fokus ke peserta didik dan peran serta pendidik. Yang bertujuan membuat pemahaman peserta didik dalam menyerap pengetahuan menjadi mudah dan menyengkan dengan adanya hubungan kemampuan atau ketrampilan peserta didik sendiri. Dalam model ini peserta didik diberi kesempatan untuk berinovasi untuk memahami suatu pengetahuan.

Untuk  menjalankan model pembelajaran ini, tidak lepas dari model-model pembelajaran yang sudah ada, jadi untuk menjalankannya pun harus ada penggabungan atau konstruksikan dengan model-model lainnya, agar lebih efektif dalam berhasilnya tujuan pembelajaran.

Tugas guru dalam model pembelajaran adalah mengarahkan dan membimbing siswa dalam mencapai tujuannya. Maksudnya, guru lebih berurusan dengan strategi daripada memberi informasi. Guru hanya megelola kelas sebagai sebuah tim yang bekerja sama untuk menemukan suatu yang baru bagi siswa. Proses belajar mengajar lebih diwarnai Student center daripada teacher center.

B.     Langkah – Langkah Model Pembelajaran CITA

Model pembelajaran CITA (ciptakan inovasi tanggap aktif) dapat diterapkan jika memahami CITA, yang juga merupakan sintak atau langkah-langkah model pembelajaran CITA.

  1. Ciptakan

Yang dimaksud ciptakan disini merupakan menciptakan kondisi atau situasi yang kondusif dan menyenangkan, bisa dengan bantuan berbagai metode atau media untuk mengimplikasikan terciptanya kondisi dan situasi dalam belajar.

2.  Inovasi

Inovasi merupakan pembaharuan atau perubahan dalam penyampaikan dan menerima pengetahuan. Dalam langakah inovasi tidak lepas dari penciptaan kondisi dan situasi langkah awal. Inovasi yang berjalan baik dan lancar sangat mempangaruhi terwujudnya langkah tanggap dan aktif. Karena tanpa adanya inovasi dan penciptaan mustahil akan terjadinya proses langkah tanggap dan aktif.

3. Tanggap

Merupakan respon yang baik atas pemberian stimulus  yang dikemukakan teori behavioristik. Hampir sama, langkah ini membutuhkan tanggapan positif dari peseta didik yang mau berinovasi atas pengetahuaan yang disampaikan pengajar.

4.Aktif

Aktif merupakan hasil dari langkah dari awal, dari ciptakan, inovasi, dan tanggap. Karena dalam langkah ini bertujuan membuat pemahaman peserta didik dalam menyerap pengetahuan menjadi mudah dan menyenangkan dengan adanya hubungan kemampuan atau ketrampilan peserta didik sendiri. Jadi harus ada timbal balik dari yang diterima perserta didik untuk dikemukan kepada peserta didik yang lain.

C.    Karakteristik Model Pembelajaran CITA

Ada beberapa karakteristik model pembelajaran CITA, yaitu:

  1. Adanya kemauan
  2. Saling menunjang
  3. Menyenangkan, tidak membosankan.
  4. Belajar dengan bergairah.
  5. Menggunakan berbagai sumber.
  6. Siswa aktif dan kreatif.
  7. Sharing dengan teman.
  8. Siswa kritis guru kreatif.

Dalam model pembelajaran CITA, program pembelajaran lebih merupakan rencana kegiatan kelas yang dirancang guru, yang berisi skenario tahap demi tahap tentang apa yang akan dilakukan bersama siswanya sehubungan dengan topik yang akan dipelajarinya. Dalam model tercermin tujuan pembelajaran, kondisi atau situasi, media untuk mencapai tujuan tersebut, materi pembelajaran, dan langkah- langkah pembelajaran.

Tapi model pembelajarn CITA ini lebih mengutamakan kekreatifan dan kebebasan gaya belajar peserta didik untuk menyerap pengetahuan yang mereka terima yang mereka inovasikan, kemudian dengan hubungan tanggap dan aktif peserta didik.

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Model Pembelajaran CITA merupakan pengembangan ungkapan ciptakan inovasi tanggap aktif yang dapat membantu dalam proses pembelajaran agar proses pembelajaran lebih berkesan dan bermakna bagi siswa. Karena model ini tidak hanya menjadikan guru sebagai penentu materi atau penentu gaya belajar tetapi juga memberikan kesempatan untuk berinovasi untuk memahami suatu pengetahuan. Sehingga pembelajaran tidak berpusat pada guru (teacher center ) melainkan berpusat pada siswa (student center).

Model pembelajaran ini bertujuan untuk membuat pemahaman peserta didik dalam menyerap pengetahuan menjadi mudah dan menyenangkan dengan adanya hubungan kemampuan atau ketrampilan peserta didik sendiri. Dalam model ini peserta didik diberi kesempatan untuk berinovasi untuk memahami suatu pengetahuan. Membangun pengetahuan baru yang lebih bermakna dan berkesan bagi siswa, dan masuk dalam long-term memory siswa sehingga bisa dikenang atau di ingat dalam waktu yang lama.

B.     Saran

Makalah model pembelajaran CITA (ciptakan inovasi tanggap aktif) diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu referensi dalam pengajaran maupun dalam pembelajaran tapi sebelumnya dibutuhkan kritikan yang membangun untuk terciptanya model pembelajaran CITA sebelum diterapkan.

BAB IV

DAFTAR PUSTAKA

Wina Sanjaya. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana

Masnur Muslich. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta. Bumi

2 thoughts on “Model Pembelajaran CITA (Ciptakan Inovasi Tanggap Aktif) by. Eva Dian N

  1. mba??? ini buku sumber yang menyatakan model CITA ini,,
    apa ya mba?? kalo boleh tau,,saya pengin nyari,,
    terima kasih sebelumnya..

    by: jumiati mahasiswi UNS

    1. iyaa terimakasih atas kunjungannya, maaf sebelumnya model ini belum ada bukunya mbak. ini model saya sendiri yg buat, saya kreasikan sendiri, saya ambil dari beberapa sumber dari buku🙂.
      salam kenal mbak jumi

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s